Artikel Download Data SHP Indonesia dari Ina-Geoportal ini sudah pernah kami bahas dan praktekan di artikel berikut :
Namun dikarenakan tampilan website Ina-Geoportal sudah mengalami banyak perubahan, sehingga pembahasan pada artikel sebelumnya kami rasa sudah tidak relevan lagi.
Di sini tidak akan dijelaskan apa itu Ina-Geoportal, karna sudah pernah kami jelaskan pada beberapa artikel. Jika ada yang belum tau silahkan buka dan baca pada link artikel yang di tautkan di atas.
Ina-Geoportal terbagi menjadi beberapa situs diantaranya portal.ina-sdi.or.id, portalksp.ina-sdi.or.id, tides.big.go.id/DEMNAS, sedangkan halaman Utama yang dapat mengakses ketiga situs tersebut adalah tanahair.indonesia.go.id.
Di sini yang akan dijelaskan adalah cara untuk mengunduh data vektor (SHP).. Pertama buka alamat tanahair.indonesia.go.id, maka akan disajikan tampilan seperti berikut :
Tanahair.Indonesia.go.id
Gambar 1 – Tanahair.Indonesia.go.id
Sebelumnya pastikan sudah melakukan registrasi terlebih dahulu dengan masuk ke halaman registrasi melalui tombol registrasi di kanan atas. Kita anggap semua sudah memiliki akun. Selanjutnya login dengan username dan password yang digunakan pada saat registrasi.
Menu Download
Gambar 2 – Menu Download
Di drop down menu download, terdapat empat (4) pillhan menu yaitu :
  1. Peta AOI : Unduh peta (vektor) berdasarkan AOI (Area of Interest) yaitu area yang sesuai dengan kemauan kita, misah hanya seukuran lapangan sepakbola atau bahkan bisa sampai mencakup ukuran beberapa kamiistrasi dalam sekali proses unduh.
  2. Peta Per Wilayah : Unduh peta berdasarkan wilayah kamiistrasi setingkat kabupaten/kota.
  3. DEM Nasional : Unduh Data Ketinggian dan Kedalaman berupa raster. Menu ini akan diarahkan ke situs tides.big.go.id/DEMNAS.
  4. Peta KSP : Kebijakan Satu Peta (KSP) hanya orang-orang tertentu yang bisa mengakses (login) ke halaman ini. Menu ini akan diarahkan ke situs portalksp.ina-sdi.or.id.
Pilih menu Peta AOI, maka akan disajikan halaman berisi peta basemap Indonesia seperti berikut :
Halaman Unduh Peta AOI
Gambar 3 – Halaman Unduh Peta AOI
Dapat dilihat pada layer list, terdapat dua layer peta yang ditampilan/dioverlay dengan basemap Indonesia. yaitu layer Indek peta RBI skala 25.000 (yang berwarna hijau) dan layer Indek peta RBI skala 50.000 (yang berwarna transparan).
Di dalam halaman unduh ini terdapat berbagai fitur yang dapat membantu mencari atau mengenali informasi dari objek peta yang akan di unduh. Salah satunya untuk melihat informasi dari layer yang akan di unduh bisa di lihat dengan menekan tombol attribut table di layer kanan bawah, untuk jelasnya lihat gambar berikut :
Keterangan peta Indek
Gambar 4 – Keterangan peta Indek
Masih terdapat beberapa fitur lainnya yang sangat berguna untuk mencari atau membandingkan informasi peta yang akan di unduh, seperti menu add data (bisa menambahkan data dari ArcGIS Server atau data SHP, CSV, GPX, GeoJSON, dsb
). Sedangkan untuk mengunduh data terdapat dua tombol unduh (unduh RBI skala 25.000 dan unduh RBI skala 50.000).
Menu donwload data RBI skala 50.000
Gambar 5 – Menu donwload data RBI skala 50.000
Di dalam menu unduh terdapat beberapa pilihan jenis peta yang bisa di unduh diantaranya : Hidrografi, Batas Wilayah, Hipsografi, Lingkungan Terbangun, Toponimi, dsb. Untuk contoh pada artikel ini akan kita unduh jenis peta Toponimi untuk daerah Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah dan sekitarnya. Tekan pilihan layer Toponimi, akan muncul jendel baru seperti berikut :
Untuh Toponimi skala 50.000
Gambar 6 – Untuh Toponimi skala 50.000
Pada pilihan Area Of Interest terdapat beberapa objek (triangle, extent, circle, ellipse, polygon, freehand polygon) pilih salah satu dan buat AOI di wilayah yang akan di unduh. Pastikan tentukan feature format dan raster format, kemudian klik execute. Setelah itu pada tab output akan tersaji link unduh data untuk AOI seperti berikut :
Link Unduh
Gambar 7 – Link Unduh
Hasil dari data yang di unduh coba kami buka di aplikasi QuantumGIS, dan hasilnya seperti gambar berikut :
Data Toponimi skala 50.000 di QGIS
Gambar 8 – Data Toponimi skala 50.000 di QGIS
Selanjutnya akan di jelaskan bagaimana mengunduh data SHP per wilayah. Silahkan setelah proses unduh Peta AOI kita kembali ke halaman awal. Di dalam drop down menu download pilih menu Peta Per Wilayah, maka akan disajikan halaman seperti berikut :
Halaman unduh peta per wilayah
Gambar 9 – Halaman unduh peta per wilayah
Di dalam halaman ini lebih sederhana dari menu unduh peta AOI, di sini hanya di sediakan fitur zoom in zoom out dan menu pencarian untuk mencari lokasi yang akan di unduh. Sebagai contoh kita akan coba unduh wilayah Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Unduh data wilayah Kab. Lombok Utara
Gambar 10 – Unduh data wilayah Kab. Lombok Utara
Cari lokasi yang akan di unduh pada menu pencarian atau bisa langsung di zoom ke peta jika sudah tahu lokasinya. Tunggu hingga objek basemap peta teroverlay oleh objek polygon. Jika sudah muncul objek polygon bisa langsung di klik kanan pada area yang akan di unduh, kemudian akan muncul popup seperti pada gambar di atas, klik simbol unduh di samping kanan bawah.
Hasil dari data yang di unduh coba kami buka di aplikasi QuantumGIS, dan hasilnya seperti gambar berikut :
SHP wilayah Kab. Lombok Utara
Gambar 11 – SHP wilayah Kab. Lombok Utara