Proses geocoding manual ini merupakan opsi lain untuk proses geocoding di MapInfo, seperti yang di jelaskan di artikel GEOCODING OTOMATIS DI MAPINFO, bahwa proses geocoding otomatis terkadang tidak sepenuhnya berhasil dengan sempurna, terkadang terdapat beberapa record/baris data yang gagal di geocoding. Dan untuk mengatasi hal tersebut maka dapat melakukan proses geocoding secara manual. Caranya panggil layer vektor yang menjadi target proses geocoding ini ke dalam program MapInfo. Dalam contoh ini menggunakan Layer Kecamatan yang berisikan kecamatan-kecamatan yang berada di kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Layer Kecamatan
Gambar 1 – Layer Kecamatan
Gambar di atas merupakan layer yang berisikan objek kecamatan yang berada di kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dan ditampilkan berserta data tabel dari objek vektor tersebut. Sedangkan gambar di bawah merupakan data Jumlah Penduduk dalam format Ms.Excel yang akan di geocoding ke dalam layer Kecamatan di atas.
Tabel Data Penduduk di Ms.Excel
Gambar 2 – Tabel Data Penduduk di Ms.Excel
Panggil data tabel di atas ke dalam software MapInfo dengan type Microsoft Excel (sesuaikan dengan format data table yang digunakan), dan berikut tampilan data tabel di atas di dalam software MapInfo :
Tabel Data Penduduk di MapInfo
Gambar 3 – Tabel Data Penduduk di MapInfo
Masuk ke menu Table > Maintenance > Table Structure. Akan muncul pop up untuk mengatur structur table yang digunakan. Select pada bagian Table is Mappable, klik Ok.

Table Structure
Gambar 4 – Table Structure
Panggil layer Data Penduduk ke dalam layer control. Caranya di dalam layer control, pilih tanda + (plus) warna hijau di samping kiri atas, kemudian panggil layer tersebut.
Layer Control
Gambar 5 – Layer Control
Aktifkan Tile Windows (shift+F4), sehinggal akan tampak seperti berikut :

Layer Kecamtan dan Layer Data Penduduk
Gambar 6 – Layer Kecamatan dan Layer Data Penduduk
Aktifkan editing pada layer Data Penduduk, kemudian gunakan tools symbol symbol untuk melakukan geocoding manual. Pilih record yang akan di geocoding pada tabel layer Data Penduduk, kemudian aktifkan tools symbol lalu tempatkan di lokasi yang sesuai dengan isi record pada tabel. Hasilnya kurang lebih akan seperti berikut :

Hasil Geocoding Manual
Gambar 7 – Hasil Geocoding Manual
Ulangi poses di atas dan lakukan proses geocoding pada record lainnya.