Jarak adalah suatu ukuran numerik yang menunjukkan seberapa jauh posisi suatu objek dengan objek lainnya. Jarak dapat merujuk pada panjang secara fisik antara dua buah posisi atau suatu estimasi berdasarkan kriteria tertentu (misalnya jarak tempuh antara Jakarta-Bandung).

Perhitungan jarak seperti penjelasan di atas dapat dilakukan secara manual dengan menghitung di lapangan ataupun secara digital dengan memanfaatkan suatu teknologi. Dalam praktik geospasial, perhitungan jarak dapat dilakukan dengan berbagai macam tujuan dan parameter yang beragam. Namun secara umum cara yang digunakan sama.

Pada kasus berikut kami akan menjelaskan cara untuk menghitung jarak terdekat suatu titik terhadap suatu garis, atau dalam implementasi nyata dapat berupa suatu bangunan terhadap suatu jalan ataupun objek fisik lainnya.

Perhitungan dilakukan dengan mengesampingkan berbagai aspek seperti objek yang menghalangi, lalu lintas, dan lain sebagainya. Hasil yang di dapat merupakan jarak udara secara garis lurus antara objek yang dijadikan sebagai bahan percobaan.

Pengerjaan dilakukan dengan menggunakan aplikasi QuantumGIS, dengan studi kasus menghitung jarak terdekat suatu pemukiman (point) ke Sungai (line). Contoh data yang digunakan merupakan data dummy yang berlokasi di Kota Surabaya.

Unduh data berikut untuk mencoba praktik :

Jalankan program QuantumGIS, kemudian buka data Shapefile ke dalam kanvas peta. Tampilan dari data yang digunakan kurang lebih akan seperti berikut :

Gambar 1 – Layer Pemukiman & Sungai di QGIS

Kedua layer tersebut berisikan informasi dasar dari setiap objek dengan detail atribut seperti berikut :

Gambar 2 – Atribut layer Pemukiman & Sungai

Untuk menghitung jarak terdekat dari pemukiman ke sungai diperlukan field atau kolom baru pada layer pemukiman untuk menyimpan nilai jarak dan diperlukan layer target dalam kasus ini layer sungai yang seluruh fiturnya tergabung menjadi satu row, dalam artian mengharuskan seluruh objek line sungai di gabung menjadi satu objek tunggal.

Hal tersebut diperlukan karena proses perhitungan dilakukan dengan mengikat pada suatu nilai ID pada atribut layer. Yang mana bila objek line tidak di gabung, maka proses perhitungan harus dilakukan berulang sesuai ID yang tersedia, dan hasilnya tidak akan maksimal jika dilakukan berulang.

Proses penggabungan objek sungai dapat dilakukan dengan membuat Virtual Layer, pada menu Layer, pilih Create Layer > New Virtual Layer.

Gambar 3 – Pembuatan Virtual Layer Sungai

Import layer sungai dan tentukan nama virtual layer. Untuk menggabungkan seluruh objek geometry menjadi satu gunakan query st_union, dan pastikan cantumkan nama field yang nanti akan menjadi acuan untuk perhitungan jarak, dalam hal ini yaitu field CODE.

select st_union (geometry) as geom, CODE from sungai

Test untuk memastikan tidak terdapat error, dan klik Add untuk menambahkan layer Virtual ke kanvas peta.

Selanjutnya pada layer pemukiman buat field baru yang akan digunakan untuk menyimpan nilai jarak. Gunakan type Decimal Number atau Double.

Gambar 4 – Daftar field pada layer Pemukiman

Proses perhitungan jarak dapat langsung dilakukan dengan menggunakan field calculator yang dapat di akses di tab Field pada menu properties atau atribute table layer pemukiman.

Gambar 5 – Field Calculator untuk menghitung jarak

Aktifkan Update existing field pada field yang digunakan untuk menyimpan nilai jarak. tambahkan expression berikut :

distance( $geometry , geometry(  get_feature( 'virtual_layer', 'CODE', '1')))

Query di atas berguna untuk menghitung jarak dari geometry layer yang di hitung (pemukiman) terhadap geometry dari layer virtual_layer yang memiliki field CODE dengan nilai 1.

Hasil dari proses di atas akan menghasilkan nilai baru pada filed Jarak di layer pemukiman seperti berikut :

Gambar 6 – Nilai Jarak (derajat) pada attribute table layer Pemukiman

Pastikan kembali nilai jarak yang di hasilkan sesui dengan jarak sesungguhnya pada masing-masing objek. Gunakan tool Measure Line untuk menghitung jarak salah satu objek pemukiman ke sungai.

Gambar 7 – Menghitung jarak (derajat) dengan Measure Line

Contoh nilai atribut jarak pada pemukiman Gundih dan jarak yang dihasilkan dari penggunaan tool Measure Line sudah memiliki nilai yang sama. Namun pada contoh di atas, jarak yang dihasilkan merupakan jarak dalam unit derajat. Satuan unit yang umum digunakan untuk mengitung jarak adalah meter, km atau mile.

Unit derajat yang dihasilkan tersebut diakibatkan karena sistem projeksi geografis yang digunakan pada layer pemukiman dan sungai. Untuk menghasilkan nilai jarak dalam unit meter, kita perlu mereproject kedua layer tersebut kedalam projeksi UTM.

Pada menu Vector, pilih Data Mangjement Tool > Reproject Layer, pilih layer yang akan di reproject kemudian tentukan target projeksi yang akan digunakan. Untuk UTM sesuaikan dengan zona letak lokasi layer berada, dalam contoh data di atas menggunakan projeksi UTM Zona 50S.

Gambar 8 – Reproject layer Pemukiman

Simpan hasil reproject menjadi layer Shapefile baru dengan cara klik kana layer reporjected, pilih Export > Save Features As.

Gambar 9 – Menyimpan layer reprojected menjadi Shapefile

Lakukan kembali perhitungan jarak seperti cara di atas, sehingga hasil yang didapat pada layer pemukiman_utm (reproject) memiliki nilai dalam unit meter.

Gambar 10 – Nilai Jarak (meter) pada attribute table layer Pemukiman

Pastikan kembali nilai jarak yang di hasilkan sesui dengan jarak sesungguhnya. Gunakan kembali tool Measure Line untuk menghitung jarak antar objek.

Gambar 11 – Menghitung jarak (meter) dengan Measure Line

Seluruh jarak pemukiman terhadap sungai sudah terisi otomatis hanya dalam satu kali proses. Namun kembali kami tekankan, nilai yang dihasilkan merupakan jarak garis lurus terdekat dihitung dari udara, dengan mengesampingkan berbagai aspek seperti objek yang menghalangi, lalu lintas, dan lain sebagainya.

Pada beberapa cakupan lokasi yang luas (misal : provinsi) yang mana sistem projeksi UTM yang digunakan terbagi menjadi beberapa zona, proses perhitungan untuk menhasilkan unit meter akan lebih sulit. Diperlukan beberapa proses manual untuk mengkonversi nilai derajat menjadi nilai meter melalu Field Calculator.

Referensi :