Komposit Band merupakan proses menggabungkan Band pada Citra Landsat untuk membentuk suatu tampilan yang di inginkan. Proses Komposit ini akan dilakukan dengan menggunakan software ArcGIS 10.1.
Untuk mengunduh Citra Landsat silahkan kunjungi artikel mengenai DOWNLOAD CITRA SATELIT.
Pada bahasan ini Citra yag digunakan adalah Citra Landsat 8 dengan mengunakan kombinasi band 4,3 dan 2 sehingga akan menghasilkan warna Natural. Untuk mengetahui kombinasi Band Citra Landsat 8 dapat dilihat di KOMBINASI BAND CITRA LANDSAT 8.
Untuk memulai proses Komposit buka software ArcGIS, panggil Band 4,3 dan 2 dari citra landsat yang sebelumnya telah di unduh. 
Composite
Gambar 1 – Tampilan band 4,3 dan 2 di ArcGIS 10.1
Untuk melakukan proses Komposit buka ArcToolbox, pilih Data Management tools → Raster → Raster Processing → Composite Bands. Atau perhatikan gambar di bawah ini.
Arctoolbox
Gambar 2 – ArcToolbox
Pada Pengaturan Composite Band isikan dengan Band dari citra landsat yang akan di kombinasikan.
Urutkan berdasarkan kombinasi band yang akan digunakan, apabila pengurutan seperti gambar di bawah, maka band 4,3 dan 2 akan menjadi band 1,2 dan 3.
Kemudian isikan lokasi penyimpanan hasil dari Komposit tersebut. Klik Ok.
Composite Band
Gambar 3 – Pengaturan Composite Band
Apabila proses Komposit berhasil akan muncul peringatan seperti berikut.
sukses
Gambar 4 – Composite Sukses
Unselect band 4,3 dan 2 yang belum di kombinasikan. Maka Komposit Band Citra Landsat 8 untuk kombinasi Natural sudah berhasil. Dan dapat dilakukan proses analysis lebih lanjut.
Natural Color
Gambar 5 – Citra Landsat 8 dengan Tampilan Natural
Proses Komposit juga dapat dilakukan dengan menggunakan tools Image Analysis yang terdapat pada Menu Windows di software ArcGIS.
Image Analysis
Gambar 6 – Image Analysis
Blok Semua Band yang akan di Komposit kemudian piih Composite Band pada bagian bawah pengaturan Image Analysis. Perbedaan cara ini dengan cara yang pertama adalah lokasi penyimpanan dari hasil Komposit Band tersebut.
Pengaturan RGB
Gambar 7 – Pengaturan RGB
Untuk pengaturan RGB (Red Green Blue) dapat dilkukan dengan masuk pada properties Band yang sudah di Kombinasikan. Proses di atas dapat di lihat juga di video berikut :