ArcGIS merupakan software GIS ( Geographic Information System ) yang dikembangkan oleh ESRI (Environment Science & Research Institue) yang merupakan kompilasi fungsi-fungsi dari berbagai macam software GIS yang berbeda seperti GIS desktop, server, dan GIS berbasis web. Dan dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial pembuatan peta dengan menggunakan ArcGIS Basemap.
Fitur basemap sudah ada sejak ArcGIS rilis versi 9, akan tetapi dengan cara pemanggilan yang berbeda, sedangkan untuk ArcGIS versi 10.x fitur ini lebih mudah dan simpel untuk di gunakan. dan terus semakin dikembangkan sampai sekarang.
Dengan menggunakan fitur ini memudahkan bagi user apabila ingin membuat peta dengan cepat tanpa memakan waktu yang lama. Cara untuk memanggil ArcGIS Basemap di ArcGIS 10.1, pada pilihan add data, pilih Add Basemap.
Add Basemap
Gambar 1 – Add Basemap
Kemudian akan muncul pilihan Basemap yang dapat di gunakan, (untuk mengikuti tutorial ini harus tersambung ke koneksi internet).
ArcGIS Basemap
Gambar 2 – ArcGIS Basemap
Terdapat 10 pilihan basemap yang dapat digunakan, dalam contoh ini akan digunakan basemap National Geographic, klik Add.
Tampilan Basemap
Gambar 3 – Tampilan Basemap
Setelah di add maka akan di dapatkan tampilan seperti diatas, sekarang kita bisa memulai untuk membuat peta baku dari basemap tersebut. Untuk membuat peta yang lebih terarah, maka dalam kegiatan ini basemap akan di overlay dengan data Titik Api seluruh Indonesia, sehingga akan di dapatkan tampilan seperti berikut ini :
Basemap dan Hotspot
Gambar 4 – Basemap dan Hotspot

Selanjutnya kita hanya perlu membuat layout dari tampilan basemap tersebut. Untuk tampilan layout sederhana yang kami buat hasilnya seperti berikut :

Hasil Layout
Gambar 5 – Hasil Layout
Fitur basemap ini sangat berguna apabila kita diharuskan membuat peta dalam kurun waktu yang sangat singkat, dan tentu saja dengan fitur ini kita dapat mengupdate ataupun mendigitasi objek-objek seperti jalan, perbatasan, dan objek lainnya. Untuk lebih memahami proses di atas, dapat di lihat langsung pada video berikut :