Artikel ini akan membahas cara membuat simbol Strike/Dip di software ArcGIS. Sebelumnya memulai proses pengerjaan, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian Strike/Dip.

– Strike = Arah sebaran batuan
– Dip = Kemiringan

Data Strike/Dip di dapat dari hasil survey lapangan dengan menggunakan Kompas Geologi dan GPS. Satuan yang digunakan adalah ⁰ (derajat), Strike di mulai dari 1⁰-360⁰ dan Dip di mulai dari 1⁰-90⁰. Data yang diperlukan dalam kegiatan ini di input dari Ms.Excel, yang terdiri dari koordinat X,Y, Strike,dan Dip. Contohnya seperti gambar berikut :
Data Excel
Gambar 1 – Data Strike/Dip di Excel
Jalankan program ArcMap, panggil data Ms.Excel tersebut dengan tools Add XY Data yang berada di File > Add Data > Add XY Data.
Browse file Ms.Excel tersebut, kemudian pada X Field pilih file yang berisikan Nilai koordinat X, dan Y Field pilih field yang berisikan nilai Koordinat Y. Tentukan sistem koordinat yang digunakan pada pilihan Edit. OK.
Add XY Data
Gambar 2 – Add XY Data
Maka akan muncul point yang menunjukan lokasi dari Strike/Dip. Selanjutnya konversi data excel tersebut menjadi SHP (Shapefile). Dengan cara klik kanan pada layer tersebut pilih Data > Export Data. Pilih Export All Feature, kemudian Tentukan lokasi penyimpanan hasil konversi tersebut, Ok.
Export Data
Gambar 3 – Export Data
 
Ubah simbol dari point tersebut dengan mengklik simbol point pada layer Strike_Dip, kemudian pada pilihan Style References select Geology_24K, maka akan muncul pilihan simbologi baru, pilih simbol strike/dip yang di inginkan kemudian sesuaikan ukurannya.
Symbology
Gambar 4 – Symbology
Hasil dari penggunaan simbol tersebut akan merubah seluruh simbol pada layer Strike/Dip seperti gambar berikut :
Strike/Dip 1
Gambar 5 – Strike/Dip 1
Rotasi simbol tersebut sesuai dengan nilai strike. Klik kanan pada layer Strike_Dip pilih properties > Symbology. Pada pilihan drop down Advanced, piilh Rotation. Pada pilihan rotation, gunakan field Strike dengan Style rotation Geographic. Hasilnya simbol Strike/Dip di layer editing akan berubah sesuai arah strike.
Strike/Dip 2
Gambar 6 – Strike/Dip 2
Tahap terakhir adalah pemberian label pada simbol tersebut. Agar label tepat berada pada arah dip, atur label dengan cara klik kanan layer tersebut pilih Properties > Labels. Select pilihan Label Feature in This Layer, label field gunakan field DIP. Masuk ke Placement Properties. Gunakan pilihan Place label at an angle specified by a field.
Placement Properties
Gambar 7 – Placement Properties
Klik Rotation Field, gunakan field Strike dan style rotation Geographic. Klik Ok. Pada pilihan Pre-defined label Style pilih Label Styles > Properties > Symbol Properties > Edit Symbol. Berikan Angle nilai 90, Vertical Alignment gunakan Bottom, Hirozontal Alignment gunakan Full. Perhatikan gambar berikut :
Editor
Gambar 8 – Editor Symbol
Maka setelah mengikuti cara di atas, hasilnya label akan berada tepat di depan arah dip.
Strike/Dip 3
Gambar 9 – Strike/Dip 3
Untuk lebih jelas, tutorial di atas dapat di lihat juga pada video berikut :