Untuk melakukan visualisasi terhadap objek layer dengan menggunakan ArcScane pada ArcGIS. Bahan yang dibutuhkan adalah :
Hillshade Raster
Gambar 1 – Hillshade Raster
Tin Raster
Gambar 2 – Tin Raster
Contour
Gambar 3 – Contour
Dalam tahap ini akan dilakukan penyusunan objek-objek di atas dengan tampilan yang lebih menarik. Caranya di dalam program ArcScane, panggil ke 3 objek yang telah disediakan (Bisa disesuaikan dengan objek yang di inginkan). Karena dalam tahap ini akan menampikan objek Tin Raster yang memiliki nilai ketinggian, maka jika objek yang ditampilkan menggunakan sistem koordinat WGS 1984, pada tampilan ArcScane ganti menjadi WGS 1984 World Mercator, atau bisa dengan menggunakan sistem koordinat UTM
Susun layer hillshade berada di paling bawah kemudian di susul layer Tin di atasnya dan layer Contour di atasnya lagi. Dalam menu Base Height pada properties layer Contour dan Hillshade, pilih Ploating on a custom surface dan pada menu drop down pilih lokasi tempat menyimpan objek layer Tin. Kemudian pada kolom layer offset beri nilai ketinggian yang di inginkan dari objek layer Contour dan Hillshade terhadap layer Tin. Misal beri nilai 5000 atau 10000 pada layer Contour, dan beri nilai -5000 atau -10000 pada layer Hillshade. Dan beri nilai transparansi terhadap objek layer Tin sesuai dengan yang di inginkan, sehingga akan di dapatkan tampilan seperti berikut :
Objek Layer di ArcScane
Gambar 4 – Objek Layer di ArcScane

Untuk lebih jelas seluruh tahapan bisa di lihat pada video berikut :